Skip to content
January 23, 2011 / gulaijariang

Mengembalikan File yang Di-“Shift+Delete”

Menghapus file dengan cara menekan “shift+delete” jelas sangat efisien, namun juga beresiko. Kita tidak perlu melakukan kerja dua kali dengan mengosongkan Recycle Bin (di Windows), setelah menghapus sebuah file dengan menekan “delete”. Akan tetapi kita juga hampir tidak bisa berbuat apa-apa karena file yang sudah di “shift+delete”, telah benar-benar “pergi” dari komputer. Apalagi karena dilakukan dengan tidak sengaja.

Saya ingin berbagi sebuah cara sederhana yang cepat dan tidak ribet, untuk mengembalikan file yang sudah dihapus dengan cara menekan “shift+delete”. Perangkat lunak yang digunakan adalah Pandora Recovery.

Langkah-langkahnya adalah:

1. Download

Download Pandora Recovery di http://www.pandorarecovery.com/download/ . Tidak perlu membayar atau membajak untuk mendapatkannya (freeware). Ukurannya kurang lebih 3.12 MB. Bisa diinstal di sistem operasi Windows 2000, XP, Vista dan 7.

2. Install

Jalankan installer yang sudah didownload.

3. Mulai recovery

Setelah penginstalan selesai, “penyelamatan” data bisa dimulai.

Browse (no. 1 di gambar):  Fitur untuk penyelamatan data dengan metode normal. Cara penggunaannya tidak jauh berbeda dengan Windows Explorer di Windows. Anda bisa meng-klik di partisi mana saja, tempat file yang ingin ada selamatkan (dulu) berada. Otomatis akan terlihat file-file mana saja yang sudah dihapus. Lihat file mana yang anda cari, klik kanan, lalu pilih “recover to”. Pilih ke media mana, anda akan memindahkan data yang ingin diselamatkan tersebut.

Search (no. 2 di gambar): Fitur yang kurang lebih sama dengan fitur “advance search” yang biasa terdapat di beberapa website. Kita bisa mencari file terhapus, sesuai dengan kriteria yang kita inginkan.

Surface Scan (no. 3 di gambar): Fitur untuk mencari file terhapus, tetapi dengan kemampuan pencarian yang lebih dalam dan terperinci. Fitur yang disarankan, jika anda tidak puas dengan dua fitur sebelumnya. Kita disediakan pilihan untuk mencari file dengan tipe yang kita inginkan. Ketika yang dicari sudah ditemukan, bisa segera diselamatkan dengan klik kanan, lalu ‘recover to’.

Memang ini bukan satu-satunya software yang bisa menyelamatkan file yang di-“shift+delete”. Pandora Recovery saya sarankan karena memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan cepat dan tidak merepotkan. Saya sudah coba beberapa software recovery lainnya, seperti GetDataBack dan TuneUp Undelete. Tapi tidak ada yang memuaskan.

About these ads

10 Comments

Leave a Comment
  1. eko / Apr 25 2011 10:50 am

    makasih infonya…..

  2. rizkix / Jun 3 2011 9:57 am

    sangat membantu mas, makasih..

  3. Dhiyas Music Centre / Jun 7 2011 9:01 am

    Mkasih ats shareny…..

  4. shady / Jun 28 2011 12:09 am

    tapi kkok filenya gak ada yg bisa dibuka?

    • gulaijariang / Jul 17 2011 12:49 pm

      Kudu ditambahin sendiri mas ekstensinya, misalnya rename dan tambahin *.rar. Sesuai file aslinya.

  5. nee / Jul 11 2011 8:37 pm

    trims sangad infonya.. saya panik karena baru aja ngapus 25 giga lebih folder foto. masih dalam proses donlot pandora nya.. semoga semua foto bisa balik lagi… TT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: