Skip to content
January 3, 2011 / gulaijariang

Foto Terbaik yang Merekam Momen Terburuk

Saya tahu foto ini setelah membaca Tabloid Bola no. 2.139 terbitan Kamis (30/12/10). Foto karya fotografer Bola, Tjandra M. Amin ini menurut saya sangat berkesan dan meninggalkan banyak pesan. Foto yang bisa membuat tertawa sekaligus juga bisa menjadi media untuk menertawakan diri sendiri. Kalau anda orang Indonesia mungkin akan merasakan hal yang sama.

Well, saya tidak bermaksud untuk membahas lebih jauh tentang foto ini, orang yang ada di dalamnya, atau betapa ‘gemasnya’ saya dengan orang yang berpenampilan paling rapi di sana. Karena saya bukan kritikus foto (saya tidak tahu istilah bakunya), tidak tertarik menjadi kritikus foto, dan tidak tertarik untuk menjadi kritikus peristiwa yang sedang terjadi di ‘belakang’ foto ini. Kritikus dan komentator untuk peristiwa tersebut sudah terlalu banyak.

Saya merasa ‘harus’ mempublikasikan foto ini karena menurut penilaian saya pribadi, inilah foto terbaik yang pernah saya lihat selama tahun 2010 kemarin. Biarkanlah foto ini ‘berbicara’ kepada saya dan anda (kalau tertarik). Semoga tidak ada foto seperti ini lagi di masa selanjutnya.

Leave a Reply

